Sebagai seorang guru di MTs Al Manar Bener, saya, Nur Vadlilatul Khasanah, SH, merasa sangat bersyukur dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Diklat ini tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga memperkaya pengalaman saya dalam mengajar, khususnya dalam konteks pembelajaran yang inklusif.
Pembelajaran mendalam (deep learning) adalah pendekatan yang sangat relevan dalam dunia pendidikan saat ini. Dengan mengikuti diklat ini, saya memperoleh banyak strategi dan teknik untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya fokus pada penguasaan materi, tetapi juga pada pemahaman mendalam oleh siswa. Hal ini sangat penting, mengingat dalam kelas saya terdapat anak-anak berkebutuhan khusus yang membutuhkan pendekatan berbeda dalam belajar. Melalui pemahaman yang diperoleh dari diklat ini, saya dapat merancang kegiatan pembelajaran yang lebih variatif dan menyenangkan, sehingga semua siswa, tanpa terkecuali, dapat terlibat aktif.
Salah satu hal yang paling menarik bagi saya adalah teknik-teknik interaktif yang diajarkan. Misalnya, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, seperti aplikasi pembelajaran dan media digital, yang dapat menarik perhatian siswa. Selain itu, metode diskusi kelompok yang mendorong kolaborasi antar siswa juga menjadi salah satu strategi yang saya rasa sangat efektif. Saya melihat bahwa ketika siswa bekerja sama, mereka tidak hanya belajar dari materi yang diajarkan, tetapi juga belajar dari satu sama lain, yang tentunya memperkaya pengalaman belajar mereka.
Selama diklat, saya juga mendapatkan banyak inspirasi dari para narasumber yang ahli di bidangnya. Mereka berbagi pengalaman dan praktik terbaik yang dapat langsung saya terapkan di kelas. Saya merasa lebih percaya diri dalam merancang pembelajaran yang menyenangkan yang dapat memfasilitasi semua gaya belajar siswa.
Saya yakin bahwa pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis deep learning ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi siswa saya, tetapi juga bagi perkembangan diri saya sebagai pendidik. Dengan strategi yang tepat, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan menyenangkan, di mana setiap siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus, merasa dihargai dan termotivasi untuk belajar.
Dari pengalaman ini, saya sangat merekomendasikan Diklat Nasional ini kepada rekan-rekan guru lainnya. Mari kita bersama-sama mengubah cara kita mengajar dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi semua siswa. Terima kasih kepada penyelenggara dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini!