Mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” menjadi pengalaman yang bermakna bagi Khusnul Khotimah, S.Pd.I., M.Pd., guru MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. Ia menyampaikan bahwa dirinya memang belum sepenuhnya menerapkan strategi pembelajaran mendalam, karena masih dalam tahap proses memahami dan menyesuaikan strategi dengan kondisi kelas.
Menurut Khusnul, penyampaian materi dalam diklat sangat membantu karena disampaikan secara detail dan jelas. Hal ini memudahkannya dalam memahami konsep dasar deep learning serta bagaimana strategi tersebut dapat diaplikasikan di kelas. Ia merasa bahwa diklat ini membuka wawasan baru dan memberikan bekal praktis untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih bermakna.
Namun, ia juga menyoroti adanya tantangan yang cukup signifikan, yaitu siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi ini menjadi kendala utama, sebab deep learning menuntut keterlibatan siswa secara penuh. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam merancang aktivitas yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa agar mereka terdorong untuk lebih berpartisipasi.
Meski tantangan tersebut cukup nyata, Khusnul menyampaikan bahwa ia mulai merasakan adanya kemajuan yang lebih baik dalam proses belajar mengajar. Siswa sedikit demi sedikit mulai menunjukkan keterlibatan, meskipun belum maksimal. Hal ini menjadi motivasi tersendiri baginya untuk terus mencoba menerapkan strategi yang dipelajari dari diklat, dengan harapan ke depan hasilnya akan lebih optimal.
Bagi Khusnul, deep learning adalah pendekatan yang tidak hanya memperkaya pengalaman siswa, tetapi juga menantang guru untuk terus berinovasi. Pembelajaran mendalam membantu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kritis, dan bermakna, sehingga siswa tidak hanya menghafal pelajaran, tetapi benar-benar memahami konsepnya.
Melalui testimoni ini, Khusnul Khotimah menegaskan bahwa proses menuju penerapan deep learning memang membutuhkan waktu dan penyesuaian. Namun, dengan semangat untuk terus belajar dan memperbaiki strategi, ia optimis pembelajaran di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung akan semakin berkembang. Dengan demikian, siswa dapat belajar lebih aktif, menyenangkan, dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermanfaat untuk masa depan mereka.