Febriyani Nuur Rachmawati, seorang guru di MA Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo, saat ini sedang mempelajari materi dari Diklat Nasional 40JP “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Dalam proses pembelajarannya, Febriyani fokus pada prinsip-prinsip pembelajaran yang mendalam dan bagaimana mengintegrasikannya dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagai seorang guru, ia menyadari pentingnya pendekatan yang tidak hanya mendalam, tetapi juga menyenangkan bagi siswa.
Namun, Febriyani menghadapi tantangan utama dalam manajemen waktu, sebuah aspek yang sangat penting dalam mengelola pembelajaran yang efektif. Ia mengakui bahwa meskipun strategi deep learning sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pengelolaan waktu yang tepat menjadi kunci utama agar semua aspek pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Tanpa manajemen waktu yang baik, pentingnya setiap materi dan kegiatan pembelajaran bisa jadi terlewat atau tidak dipahami dengan maksimal oleh siswa.
Selama mengikuti diklat, Febriyani mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana mengelola waktu dengan lebih baik dalam pembelajaran. Ia belajar untuk merancang kegiatan pembelajaran yang lebih terstruktur dan efisien, agar siswa dapat memperoleh manfaat maksimal dari setiap sesi pembelajaran. Hal ini membantunya untuk menciptakan kelas yang lebih terorganisir, dengan memaksimalkan waktu yang ada untuk melibatkan siswa secara aktif dan mendalam.
Febriyani menyadari bahwa tantangan manajemen waktu bukan hanya terletak pada pengaturan jadwal, tetapi juga pada memastikan setiap siswa mendapatkan perhatian yang cukup sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka. Meski masih dalam proses mempelajari dan mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari, Febriyani merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan ini dan membawa kelas menjadi lebih efektif dan bermakna.
Bagi Febriyani Nuur Rachmawati, pengalaman mengikuti diklat ini adalah langkah awal menuju pembelajaran yang lebih terstruktur dan efektif. Dengan memahami prinsip-prinsip deep learning dan mengelola waktu dengan baik, ia yakin dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa di masa depan.