Saya, Bambang Heriyanto, S.Pd, guru di MI Al Furqon Gedung Negara, merasa beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP: “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Kegiatan ini memberikan banyak pencerahan dan pemahaman baru mengenai bagaimana merancang pembelajaran yang bukan hanya menyampaikan materi, tetapi juga mampu menggali potensi siswa agar belajar lebih mendalam.
Rencana Penerapan
Saat ini saya sedang mempersiapkan penerapan konsep pembelajaran mendalam (deep learning) di kelas. Materi dari diklat ini sangat relevan, karena menekankan pentingnya membawa siswa untuk tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami konsep, menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, serta mendorong mereka berpikir kritis. Saya yakin jika diterapkan dengan tepat, metode ini akan membantu siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan percaya diri.
Tantangan yang Ada
Namun, saya juga menyadari adanya tantangan yang perlu dihadapi. Salah satunya adalah tingkat pemahaman anak yang berbeda-beda. Tidak semua siswa memiliki kecepatan belajar yang sama, sehingga strategi pembelajaran harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi kelas. Selain itu, sumber daya dan alat pembelajaran yang terbatas juga menjadi kendala tersendiri. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan media sederhana agar tetap dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan.
Harapan ke Depan
Walau ada tantangan, saya tetap optimis. Bekal dari diklat ini memberi saya keyakinan bahwa pembelajaran mendalam bisa diterapkan dengan langkah-langkah yang sederhana namun konsisten. Dengan adaptasi yang tepat, saya berharap siswa tidak hanya memahami materi, tetapi juga dapat mengaitkannya dengan realitas di sekitar mereka.
Penutup
Bagi saya pribadi, pengalaman mengikuti diklat ini adalah dorongan untuk terus belajar dan berinovasi. Semoga dengan penerapan strategi deep learning, saya dapat menghadirkan suasana belajar yang lebih bermakna bagi siswa-siswi di MI Al Furqon Gedung Negara.