Saya, David Franklin Mandala, S.Pd., seorang guru, merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Salah satu topik yang sangat menarik bagi saya adalah pembelajaran mendalam sebagai pendekatan terbaru dalam pendidikan. Materi ini memberi saya wawasan tentang bagaimana mendesain pembelajaran yang lebih terstruktur, menyeluruh, dan relevan dengan kebutuhan siswa.
Salah satu tantangan yang saya hadapi dalam mengimplementasikan pembelajaran mendalam adalah menyesuaikan capaian pembelajaran dengan kondisi siswa yang ada di kelas. Setiap siswa memiliki kecepatan dan cara belajar yang berbeda, sehingga penting untuk merancang pembelajaran yang fleksibel, tetapi tetap dapat memenuhi tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal ini menuntut saya untuk lebih kreatif dan adaptif dalam mengajar, memastikan bahwa pembelajaran tetap efektif tanpa mengabaikan kebutuhan individu siswa.
Meskipun tantangan ini ada, saya merasa lebih percaya diri setelah mendapatkan pemahaman tentang bagaimana menerapkan pendekatan pembelajaran mendalam yang sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah. Dengan pendekatan ini, saya dapat merancang materi yang lebih kontekstual, menarik, dan memungkinkan siswa untuk lebih aktif berpikir dan berdiskusi. Pembelajaran menjadi lebih bermakna karena siswa dapat melihat hubungan langsung antara materi yang diajarkan dan kehidupan mereka.
Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti diklat ini. Materi yang saya pelajari memberikan saya banyak alat dan metode baru yang relevan dengan kondisi siswa dan sekolah saya. Saya berharap dapat terus mengembangkan dan menerapkan pembelajaran mendalam, sehingga siswa tidak hanya memahami materi, tetapi juga mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.