Saya, Khubroh, S.Pd., seorang guru, merasa sangat diberkati mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Salah satu hal yang paling saya pelajari dalam diklat ini adalah bagaimana cara menerapkan pengetahuan yang saya ajarkan dalam kehidupan nyata. Pembelajaran yang menghubungkan teori dengan praktik sangat penting, terutama agar siswa dapat merasakan langsung manfaat dari apa yang mereka pelajari.
Namun, tantangan utama yang saya hadapi adalah bagaimana cara efektif untuk meningkatkan keterampilan refleksi diri, baik untuk siswa maupun diri saya sendiri. Refleksi diri sangat penting dalam pembelajaran, karena dapat membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka, serta memperbaiki pendekatan mereka dalam belajar. Bagi saya sebagai guru, refleksi diri juga menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pengajaran, mengenali area yang perlu diperbaiki, dan terus berkembang.
Selama mengikuti diklat ini, saya belajar bahwa refleksi diri tidak hanya dilakukan setelah proses pembelajaran, tetapi juga dapat diterapkan selama proses belajar berlangsung. Dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk merenung dan mengevaluasi pembelajaran mereka, saya dapat membantu mereka menjadi lebih sadar akan pemahaman mereka sendiri dan bagaimana mengembangkan keterampilan mereka lebih lanjut.
Setelah mengikuti diklat ini, saya merasa lebih siap untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual, yang membantu siswa mengaitkan pengetahuan dengan kehidupan mereka. Saya juga merasa lebih percaya diri untuk mendorong siswa untuk melakukan refleksi diri dalam proses belajar mereka, serta meningkatkan kemampuan saya dalam melakukan evaluasi terhadap cara mengajar saya.
Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti diklat ini, karena memberikan saya wawasan baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan refleksi diri saya sebagai guru. Saya berharap dapat terus menerapkan konsep-konsep yang telah saya pelajari dan melihat perkembangan positif pada siswa dan diri saya sendiri.