Menciptakan Pembelajaran Bermakna: Testimoni Sri Rofiqoh tentang Diklat Nasional 40JP “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”

Nama saya Sri Rofiqoh, S.Pd, dan saya merupakan pendidik di MTs Nurul Huda Tanjung Siom. Saya merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Kegiatan ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan bagi siswa.

Salah satu hal yang paling menarik dari diklat ini adalah materi tentang pembelajaran mendalam atau deep learning. Pembelajaran mendalam menekankan pada pemahaman yang lebih dalam terhadap materi, bukan sekadar menghafal. Selama diklat, saya belajar berbagai strategi dan metode yang dapat saya terapkan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih berarti bagi siswa. Tantangan terbesar yang saya hadapi adalah bagaimana mengubah paradigma pembelajaran yang selama ini saya terapkan menjadi lebih interaktif dan berbasis pada kebutuhan siswa.

Salah satu aspek penting yang saya pelajari adalah bagaimana memfasilitasi siswa agar memahami konsep-konsep yang kompleks melalui praktik pembelajaran mendalam. Saya berusaha menerapkan teknik-teknik ice breaking yang tepat untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan. Hal ini membantu siswa merasa lebih nyaman untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Saya kini dapat membedakan dengan jelas antara teknik ice breaking yang bertujuan untuk mencairkan suasana dan metode pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran itu sendiri.

Dampak dan perubahan yang saya rasakan setelah mengikuti diklat ini sangat signifikan. Saya merasa lebih percaya diri dalam merancang pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Siswa-siswa saya mulai menunjukkan minat lebih terhadap materi yang diajarkan dan lebih berani untuk bertanya dan berdiskusi. Mereka tidak hanya sekadar menerima informasi, tetapi juga mulai mampu mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dengan pengalaman sehari-hari mereka.

Secara keseluruhan, diklat ini telah memberikan saya berbagai alat dan strategi yang berguna untuk meningkatkan kualitas pengajaran saya. Saya sangat merekomendasikan program ini kepada rekan-rekan pendidik lainnya. Dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran mendalam yang telah saya pelajari, saya yakin kita dapat menciptakan generasi yang lebih kritis, kreatif, dan inovatif. Terima kasih kepada penyelenggara diklat yang telah memberikan kesempatan berharga ini.

Previous Article

"Menggali Potensi Pembelajaran: Testimoni Domatila Turlel, S.Hut. tentang Diklat Nasional 40JP dan Strategi Deep Learning di SMK Negeri 5 Kepulauan Tanimbar"

Next Article

Strategi Efektif dalam Mempelajari Pelajaran Baru: Membangun Kesabaran dan Adaptasi untuk Siswa yang Lebih Baik

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨