Saya, Fithrotul Rizqiyah, S.Pd.I, seorang guru, merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Melalui pelatihan ini, saya mendapatkan banyak insight berharga tentang bagaimana menghadirkan pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mendalam, yang mampu menjawab kebutuhan siswa dengan beragam keadaan.
Keadaan siswa yang berbeda-beda sering kali menjadi tantangan dalam merancang pembelajaran. Setiap siswa membawa latar belakang, gaya belajar, dan tingkat pemahaman yang berbeda, sehingga sebagai guru, kita harus mampu mengakomodasi perbedaan-perbedaan tersebut. Dalam diklat ini, saya belajar bagaimana merancang pembelajaran yang dapat menjangkau semua siswa, tidak hanya dari sisi pemahaman akademik, tetapi juga dari sisi keterlibatan mereka dalam proses belajar.
Dengan pembelajaran berbasis deep learning, saya dapat melihat bagaimana proses belajar dapat dilakukan secara lebih aktif dan bermakna. Materi yang diajarkan menjadi lebih relevan dengan kehidupan nyata, yang membantu siswa untuk lebih memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan. Insight yang saya dapatkan selama diklat ini sangat membantu saya untuk lebih memahami bagaimana menciptakan pembelajaran yang tidak hanya memotivasi siswa tetapi juga menantang mereka untuk berpikir lebih kritis dan kreatif.
Saya merasa lebih siap untuk menerapkan deep learning dalam pembelajaran saya di kelas, karena saya kini memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana cara merancang pembelajaran yang lebih inklusif dan sesuai dengan keadaan siswa. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti diklat ini, yang telah memberi saya wawasan baru dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.