Pada Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning,” saya, Fida Fauziyya, S.Pd., seorang guru, merasa sangat beruntung dapat mengikuti pelatihan ini. Salah satu materi yang paling membuka wawasan saya adalah tentang inklusifitas dalam Kurikulum Merdeka, khususnya dalam penerapan pembelajaran mendalam yang dapat menjangkau semua siswa tanpa terkecuali.
Pada hari pertama pelatihan, saya merasa belum sepenuhnya mendapatkan Target Pembelajaran (TP) yang lengkap. Mungkin karena ini adalah materi yang cukup baru bagi saya, sehingga saya merasa sedikit bingung dan ragu tentang bagaimana mengimplementasikannya dalam pembelajaran saya sehari-hari. Namun, seiring berjalannya waktu, pemahaman saya mulai semakin jelas. Konsep pembelajaran yang menyeluruh dan mendalam ini memberikan saya perspektif baru tentang bagaimana seharusnya pembelajaran dilakukan agar lebih inklusif dan dapat memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk berkembang.
Dengan materi yang diberikan, saya kini lebih memahami cara mengoptimalkan Kurikulum Merdeka dalam penerapan deep learning, di mana pembelajaran tidak hanya berfokus pada hasil akademik semata, tetapi juga pada pengembangan karakter dan kemampuan sosial siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dan mendalam ini memungkinkan saya untuk lebih menyesuaikan pendekatan pengajaran dengan kebutuhan masing-masing siswa, baik itu yang membutuhkan perhatian khusus maupun yang lebih cepat memahami materi.
Saya merasa sangat percaya diri setelah mengikuti pelatihan ini. Saya tahu bahwa saya bisa memperbaiki kesalahan yang mungkin telah saya lakukan dalam metode pengajaran saya sebelumnya. Salah satunya adalah memberi lebih banyak kesempatan bagi siswa untuk bertanya dan berbagi pendapat mereka, yang saya sadari sangat penting dalam proses pembelajaran yang mendalam.
Melalui pelatihan ini, saya mendapatkan bekal untuk menjadi pendidik yang lebih baik, lebih sabar, dan lebih inklusif. Saya merasa siap untuk mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari dalam pengajaran saya sehari-hari, agar siswa tidak hanya belajar materi, tetapi juga dapat merasakan pengalaman yang bermakna dalam proses pembelajaran mereka.
Saya sangat berterima kasih kepada penyelenggara Diklat Nasional 40JP ini yang telah memberikan saya pengetahuan baru yang sangat berguna, yang tidak hanya akan membantu saya menjadi guru yang lebih baik, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa-siswa saya ke depannya.