Mendorong Siswa Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Mendalam di MTs Darussalam Way Tenong

Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna membutuhkan pendekatan yang mampu melibatkan siswa secara aktif. Anis Umu Rosidah, guru di MTs Darussalam Way Tenong, berbagi pengalaman setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”

Menurut Anis, penerapan pembelajaran mendalam berbasis deep learning memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir kritis dan aktif. Metode ini tidak hanya menekankan penguasaan materi secara pasif, tetapi mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan, berdiskusi, dan menghubungkan konsep yang dipelajari dengan pengalaman nyata mereka. Pendekatan ini menumbuhkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat serta membangun pemahaman yang lebih dalam terhadap materi.

Salah satu tantangan yang dihadapi adalah memastikan semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Namun, melalui penerapan strategi deep learning, Anis melihat perubahan signifikan. Siswa menjadi lebih berani berpendapat, berinteraksi dengan teman sekelas, dan berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang diberikan. Hal ini membuat suasana kelas lebih hidup dan interaktif, sehingga proses belajar mengajar tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan.

Deep learning juga membantu guru dalam merancang kurikulum yang terarah dan relevan. Dengan memahami karakteristik siswa dan kebutuhan mereka, guru dapat menyesuaikan strategi pembelajaran sehingga lebih adaptif dan berdampak. Pendekatan ini memungkinkan guru memberikan pengalaman belajar yang mendalam, di mana setiap kegiatan memiliki tujuan yang jelas dan siswa dapat memahami keterkaitan antara teori dan praktik.

Dampak positif lainnya adalah meningkatnya motivasi belajar siswa. Dengan keterlibatan aktif dalam pembelajaran, siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami alasan dan tujuan dari setiap materi yang dipelajari. Hal ini menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan mendorong pengembangan kompetensi kognitif, sosial, dan emosional mereka secara seimbang.

Dengan penerapan deep learning, MTs Darussalam Way Tenong berhasil menciptakan kelas yang aktif, menyenangkan, dan produktif. Strategi ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam tidak hanya menguntungkan siswa, tetapi juga meningkatkan kualitas pengajaran guru, menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif dan inovatif.

Previous Article

Inovasi Pembelajaran Meski Terbatas Teknologi di SDN Jombang 03 Ciputat

Next Article

Menciptakan Joyful Learning melalui Deep Learning di Kabupaten Nganjuk

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨