Nur Sella Aulia, S.Pd., seorang guru di SD Negeri 4 Sukajawa, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Meskipun sudah menerapkan beberapa konsep yang dipelajari, ia merasa lebih terinspirasi untuk lebih mengoptimalkan penerapan pembelajaran mendalam setelah mengikuti diklat ini.
Selama ini, Nur Sella Aulia sudah mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari sebagai cara untuk membantu siswa lebih mudah memahami dan mengaplikasikan apa yang mereka pelajari. Pendekatan ini telah meningkatkan relevansi materi di mata siswa, yang membuat mereka lebih tertarik dan memahami konsep dengan lebih baik. Dengan menghubungkan pembelajaran dengan situasi nyata, siswa dapat melihat bagaimana pengetahuan yang mereka peroleh berguna dalam kehidupan mereka.
Setelah mengikuti diklat, Nur Sella semakin yakin bahwa pembelajaran mendalam (deep learning) adalah kunci untuk meningkatkan penalaran kritis siswa. Ia percaya bahwa dengan menggali lebih dalam topik yang dipelajari dan mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis, mereka dapat mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih tajam, yang sangat penting dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari.
Nur Sella merasa bahwa pelatihan ini telah menginspirasi dirinya untuk mengoptimalkan penerapan deep learning dalam pembelajaran. Ia menyadari bahwa untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, ia perlu terus mengembangkan metode dan teknik yang lebih efektif dalam mengaitkan materi dengan konteks yang lebih luas, sehingga siswa tidak hanya menghafal, tetapi benar-benar memahami dan mampu menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh.
Secara keseluruhan, Nur Sella Aulia merasa bahwa diklat ini memberikan wawasan yang sangat berguna dan membantunya mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih mendalam dan menyenangkan. Ia berkomitmen untuk terus mengaplikasikan prinsip deep learning agar siswa di SD Negeri 4 Sukajawa dapat belajar dengan cara yang lebih kritis, kreatif, dan relevan dengan kehidupan mereka.