Saya, Yuli Damayanti, S.Pd., seorang guru, merasa sangat berterima kasih mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Salah satu materi yang paling berkesan bagi saya adalah mengenai pembelajaran Akidah Akhlak, yang memiliki tantangan tersendiri dalam pengajaran.
Salah satu tantangan yang saya hadapi adalah siswa yang masih kesulitan fokus mengikuti pembelajaran. Hal ini tentu menjadi hambatan dalam menciptakan suasana belajar yang efektif, terutama dalam materi yang membutuhkan pemahaman mendalam seperti Akidah Akhlak. Siswa sering kali merasa kurang tertarik atau kesulitan untuk terlibat aktif dalam pelajaran yang lebih abstrak.
Namun, setelah mengikuti diklat ini, saya semakin memahami bahwa deep learning menawarkan cara yang lebih menarik dan mendalam untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan berbagai metode interaktif, diskusi, dan contoh nyata yang relevan, saya bisa membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan lebih menarik. Salah satu hasil yang saya harapkan adalah peningkatan keaktifan siswa, di mana mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi juga ikut berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan yang terkait dengan materi Akidah Akhlak.
Meskipun saya baru mulai menerapkan beberapa konsep yang saya pelajari, saya merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan ini. Saya berharap dengan pendekatan ini, saya dapat membantu siswa menjadi lebih fokus, lebih aktif, dan lebih terlibat dalam pembelajaran, sehingga mereka dapat lebih memahami nilai-nilai yang terkandung dalam materi Akidah Akhlak.
Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti diklat ini. Pengetahuan dan strategi yang saya peroleh memberikan saya semangat baru untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa, terutama dalam mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam.