Dalam dunia pendidikan, kemampuan guru untuk mengelola kelas sambil memberikan pembelajaran yang bermakna menjadi sangat penting, khususnya bagi siswa usia dini. Abdul Gani, guru di MIN 24 HSU, membagikan pengalamannya mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”
Abdul menjelaskan bahwa salah satu materi yang dipelajarinya adalah perkenalan bahasa Arab. Mengajar siswa kelas 1 MI memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam hal menjaga fokus dan mengendalikan perilaku siswa yang masih aktif dan mudah teralihkan. Melalui pemahaman konsep deep learning, Abdul dapat mengatur strategi pembelajaran sehingga siswa lebih terlibat dan materi lebih mudah dipahami.
Deep learning menekankan pembelajaran mendalam yang memungkinkan siswa menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman nyata. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami konteks materi, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Abdul menyadari bahwa meskipun siswa kadang sulit dikendalikan, penerapan strategi yang tepat dapat membuat kelas lebih kondusif dan menyenangkan.
Menurut Abdul, mengikuti diklat ini membuatnya lebih paham bagaimana merancang pembelajaran yang efektif untuk siswa kelas 1 MI. Guru dapat menyesuaikan metode dan aktivitas sesuai karakteristik siswa, termasuk penggunaan kegiatan interaktif, permainan edukatif, dan proyek sederhana agar anak tetap fokus dan termotivasi.
Penerapan deep learning di kelas juga berdampak positif terhadap keterampilan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Abdul berharap dengan terus mengasah pemahaman konsep ini, ia dapat menciptakan kelas yang menyenangkan, interaktif, dan bermanfaat bagi perkembangan peserta didik.
Dengan pemahaman deep learning, guru seperti Abdul dapat menghadapi tantangan kelas lebih percaya diri, sambil membimbing siswa agar lebih memahami materi dan aktif berpartisipasi. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi dalam metode pembelajaran, meski sederhana, dapat menghasilkan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa MI.