Mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” memberikan banyak pengalaman berharga bagi Masdasa Yani Martika, S.Pd.I., Gr., guru MIS Al Khairiyah Panjang. Ia menyampaikan bahwa dirinya sudah mulai menerapkan strategi pembelajaran mendalam di kelas, meskipun peserta didik belum sepenuhnya mengekspresikan emosinya karena masih kurang percaya diri.
Masdasa menekankan bahwa deep learning bukan hanya sekadar metode penyampaian materi, tetapi lebih pada bagaimana membangkitkan minat serta membentuk karakter peserta didik. Menurutnya, pembelajaran mendalam dapat membantu siswa memahami kehidupan nyata sekaligus mendorong mereka untuk lebih aktif mengeksplorasi kegiatan yang menyenangkan, baik di dalam maupun di luar kelas. Dengan cara ini, siswa tidak hanya belajar secara kognitif, tetapi juga mengembangkan aspek emosional dan sosial mereka.
Salah satu tantangan yang ia hadapi adalah bagaimana menumbuhkan kepercayaan diri siswa agar mereka berani mengekspresikan emosi, ide, dan pendapat. Banyak siswa yang masih ragu untuk tampil, sehingga diperlukan strategi kreatif yang mampu menciptakan suasana kelas yang aman, nyaman, dan inklusif. Bagi Masdasa, hal ini justru menjadi motivasi untuk terus mencari pendekatan yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik.
Dampak positif mulai terlihat ketika pembelajaran dilakukan dengan pendekatan deep learning. Siswa menunjukkan minat lebih besar, pembelajaran terasa tidak monoton, dan suasana kelas menjadi lebih hidup. Dengan mengajak mereka mengembangkan kegiatan di luar kelas, siswa bisa lebih leluasa mengekspresikan emosinya sekaligus belajar melalui pengalaman nyata. Hal ini membuat proses belajar tidak hanya menyenangkan, tetapi juga lebih membekas.
Pengalaman mengikuti diklat ini membuat Masdasa semakin yakin bahwa guru harus selalu belajar dan terus berinovasi. Ia merasa penting untuk memahami berbagai gaya belajar peserta didik agar setiap aktivitas yang dilakukan di kelas benar-benar menyenangkan dan bermakna bagi mereka. Dengan konsistensi dan semangat untuk terus belajar, ia optimis pembelajaran mendalam dapat membantu membentuk siswa yang lebih percaya diri, aktif, dan siap menghadapi tantangan kehidupan nyata.