Setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”, Rina Wulansari, S.Pd., guru di RA Al Washliyah, merasa sangat terbantu dalam memperkaya metode pengajarannya. Ia merasa materi yang diajarkan dalam diklat ini sangat bermanfaat dan relevan untuk diterapkan di kelas. Dengan menerapkan prinsip deep learning, Rina melihat bagaimana pembelajaran dapat menjadi lebih menyenangkan sekaligus efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Sebagai guru di jenjang pendidikan anak usia dini, Rina merasa tantangan terbesar adalah membuat pembelajaran menarik dan mampu merangsang rasa ingin tahu anak. Dalam diklat ini, ia belajar untuk menghubungkan materi pembelajaran dengan aktivitas yang lebih menyenangkan, yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Dengan cara ini, anak-anak tidak hanya merasa senang, tetapi juga lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses belajar.
Rina merasa bahwa strategi yang dipelajari sangat membantu dalam menciptakan kelas yang lebih hidup. Setiap materi yang diajarkan lebih mudah dipahami siswa karena disampaikan dengan cara yang menyenangkan, seperti melalui permainan dan aktivitas interaktif. Anak-anak lebih tertarik untuk berpartisipasi dan mengeksplorasi topik yang mereka pelajari, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman mereka.
Meskipun baru mulai menerapkan beberapa konsep dari diklat ini, Rina sudah merasakan perubahan positif dalam pembelajaran yang ia lakukan. Siswa kini lebih bersemangat mengikuti pembelajaran dan menunjukkan minat yang lebih besar terhadap materi yang disampaikan. Ia merasa yakin bahwa dengan terus mengembangkan pembelajaran mendalam, siswa akan lebih mudah memahami dan mengingat materi yang mereka pelajari.
Bagi Rina Wulansari, diklat ini menjadi titik awal untuk membawa kelas menjadi lebih menyenangkan, bermakna, dan efektif. Dengan pendekatan yang tepat, ia yakin pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dan membantu mereka berkembang dengan lebih baik.