Saya, Saroh, S.Pd.SD, seorang guru, merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.” Materi yang membahas keterampilan sangat berkesan bagi saya karena memberikan wawasan baru tentang bagaimana mengembangkan keterampilan siswa secara lebih mendalam dan menyeluruh, bukan hanya dalam hal pengetahuan, tetapi juga dalam keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Namun, salah satu tantangan yang saya hadapi adalah bagaimana mengkondisikan siswa yang memiliki beragam latar belakang dan gaya belajar. Setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda, sehingga penting bagi saya untuk dapat menyesuaikan pendekatan pembelajaran agar semua siswa dapat terlibat secara maksimal. Dalam menghadapi keberagaman ini, deep learning memberikan saya fleksibilitas untuk merancang pembelajaran yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan siswa dengan cara yang menyenangkan dan bermakna.
Setelah mengikuti diklat ini, saya merasa sangat senang karena anak-anak menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajaran. Pembelajaran yang lebih mendalam dan interaktif membuat mereka lebih terlibat, lebih bersemangat, dan lebih aktif bertanya. Mereka merasa lebih dihargai karena pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar mereka, yang tentunya meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.
Saya sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti diklat ini, karena materi yang saya pelajari memberi saya pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengelola kelas yang beragam dan meningkatkan keterampilan siswa. Saya berharap dapat terus mengembangkan metode ini untuk membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.