Menerapkan Pembelajaran Mendalam dengan Pendekatan Mindful dan Joyful: Testimoni Zuni Yahya, S.PKP., S.Pd. tentang Inovasi dan Perubahan dalam Pembelajaran

Zuni Yahya, S.PKP., S.Pd., seorang guru di SD IT Quranic Al Abror, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026, yang berlangsung pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Dalam diklat ini, Zuni mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana mengintegrasikan prinsip-prinsip pembelajaran mendalam yang berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif.

Zuni mengungkapkan bahwa dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, ia berhasil menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menyeluruh bagi siswa. Aktivitas pembelajaran yang disesuaikan dengan taksonomi pembelajaran mendalam, yang mencakup tahapan seperti Memahami, Mengaplikasi, Merefleksi, serta mengintegrasikan 8 Dimensi Profil Lulusan, memberikan siswa kesempatan untuk benar-benar memahami materi, mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, dan merefleksikan apa yang telah mereka pelajari. Pendekatan ini tidak hanya membuat siswa lebih terlibat, tetapi juga membantu mereka mencapai pemahaman yang lebih dalam dan bertahan lama.

Namun, Zuni juga menghadapi tantangan dalam hal menyesuaikan penerapan pembelajaran mendalam dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Keterbatasan fasilitas menjadi hambatan dalam menerapkan beberapa metode yang memerlukan alat bantu atau teknologi canggih. Meski demikian, Zuni berhasil mengatasinya dengan berinovasi menggunakan sumber daya yang ada, seperti memaksimalkan alat dan materi pembelajaran sederhana untuk mendukung proses pembelajaran yang mendalam.

Setelah mengikuti diklat ini, Zuni merasakan perubahan yang signifikan dalam cara ia mengelola kelas dan merancang materi pembelajaran. Ia merasa lebih percaya diri dalam menciptakan pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga mendalam dan relevan bagi siswa. Dengan mengintegrasikan 8 Dimensi Profil Lulusan dalam pembelajaran, Zuni dapat lebih fokus pada perkembangan holistik siswa, memastikan bahwa mereka tidak hanya memahami materi akademis, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan kepribadian yang lebih baik.

Zuni berharap dapat terus berinovasi dan menyesuaikan pembelajaran mendalam ini dengan kebutuhan dan keterbatasan di sekolahnya, untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermanfaat dan menyeluruh bagi semua siswa.

Previous Article

Testimoni Pembelajaran Mendalam: Implementasi yang Efektif di Kelas

Next Article

Mengoptimalkan Pembelajaran dengan Deep Learning: Testimoni Sepriago, S.Pd. tentang Tantangan dan Semangat Baru dalam Pembelajaran

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨