Penerapan pembelajaran yang efektif dan menarik menjadi tantangan besar bagi para pendidik di era yang terus berkembang ini. Wiji Lestari, seorang guru di SMK PGRI 2 Palembang, berbagi pengalaman berharga setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026, yang diadakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025.
Selama mengikuti diklat ini, Wiji mulai menerapkan pendekatan deep learning untuk mengajarkan materi baru. Ia menyadari bahwa pembelajaran mendalam yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka. Dengan menggunakan metode ini, siswa tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga diberi kesempatan untuk mengeksplorasi materi dengan lebih dalam, yang memungkinkan mereka untuk mengaitkan pengetahuan dengan situasi dunia nyata.
Salah satu topik yang paling berkesan bagi Wiji adalah tentang bagaimana menciptakan pembelajaran yang tidak hanya menarik tetapi juga kreatif. Pembelajaran yang kreatif tidak harus rumit atau mahal, tetapi lebih pada bagaimana menghubungkan materi dengan minat dan kebutuhan siswa, serta memberikan mereka ruang untuk berinovasi dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan ini membantu membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan bagi siswa, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
Namun, Wiji juga menghadapi tantangan dalam hal keterbatasan waktu untuk mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran yang mendalam ini. Meskipun demikian, setelah mempelajari lebih dalam mengenai konsep-konsep pembelajaran mendalam, ia merasakan dampak positif yang signifikan. Metode yang diterapkan tidak hanya memperkaya pengalaman belajar siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan.
Setelah mengikuti diklat ini, Wiji merasa lebih siap untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik dan berdampak. Ia semakin yakin bahwa dengan pendekatan deep learning, siswa dapat lebih aktif terlibat dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Ia berharap dapat terus mengembangkan metode ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kreatif dan efektif bagi siswa di masa depan.