Asmainita Rahmi, S.Kom., guru di SMKN 4 Kota Bekasi, mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning”. Diklat ini memberikan guru wawasan mengenai strategi pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan mampu meningkatkan pemahaman serta keterlibatan siswa secara mendalam.
Asmainita merasa memperoleh materi yang sangat inspiratif, terutama mengenai konsep dasar deep learning. Diklat ini menekankan pentingnya membuat siswa aktif terlibat, berpikir kritis, dan memahami materi secara menyeluruh, bukan hanya sekadar menghafal. Strategi yang diajarkan membantu guru mempersiapkan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa.
Salah satu pendekatan yang disarankan dalam diklat adalah trial and error—mencoba berbagai metode, mengevaluasi hasilnya, dan menyesuaikan strategi agar sesuai dengan karakteristik siswa. Asmainita menyadari bahwa penerapan teknik ini membutuhkan keberanian untuk mencoba dan belajar dari setiap percobaan, sehingga guru dapat menemukan cara yang paling efektif untuk diterapkan di kelas.
Meskipun saat ini Asmainita belum menerapkan strategi ini sepenuhnya, pengalaman diklat memberikan wawasan baru yang dapat digunakan di masa depan. Guru menjadi lebih memahami bagaimana menyusun pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa, sekaligus mendorong mereka untuk berpikir kritis dan aktif.
Diklat ini juga memperkenalkan metode seperti diskusi kelompok, proyek berbasis pembelajaran, refleksi, dan studi kasus, yang dapat membantu guru menciptakan suasana belajar yang menarik dan mendukung pengembangan keterampilan analitis, kolaboratif, dan kreatif siswa.
Secara keseluruhan, pengalaman Asmainita Rahmi menegaskan bahwa pembelajaran berbasis deep learning dapat memberikan inspirasi bagi guru untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar. Meskipun penerapan masih dalam tahap awal, diklat ini menjadi sarana penting untuk mempersiapkan guru menghadapi tantangan kelas, memaksimalkan keterlibatan siswa, dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan berdampak positif bagi seluruh peserta didik.