Dalam era pendidikan modern, guru dituntut untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan sekaligus mendalam agar siswa mampu memahami materi secara menyeluruh. Afifah Hajir, guru di MIN 2 Lamongan, mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” sebagai langkah awal untuk memperkaya metode pengajarannya.
Menurut Afifah, semua materi yang disampaikan dalam diklat sangat berkesan dan penting. Materi tersebut membahas strategi pembelajaran mendalam (deep learning) yang menekankan keterlibatan aktif siswa, pemahaman konsep yang lebih dalam, serta kemampuan mengaitkan materi dengan pengalaman nyata. Pendekatan ini diyakini mampu membuat pembelajaran lebih bermakna dan mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Meski diklat dilakukan pada malam hari, Afifah menunjukkan dedikasi tinggi dengan melawan rasa mengantuk agar tetap fokus menyerap materi. Pengalaman ini menegaskan bahwa guru perlu kemauan dan effort ekstra untuk meningkatkan kompetensi, sekaligus menunjukkan profesionalisme dalam pengembangan diri.
Saat ini, Afifah masih dalam tahap proses penerapan strategi deep learning di kelas. Ia menyadari bahwa dampak nyata terhadap pembelajaran belum terlihat karena belum diterapkan secara langsung. Namun, guru tersebut optimis bahwa dengan perencanaan yang matang dan adaptasi terhadap karakter siswa, metode ini akan membawa perubahan positif.
Deep learning tidak hanya fokus pada hafalan, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kritis, mengeksplorasi ide, dan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan ini, Afifah berharap siswa di MIN 2 Lamongan dapat belajar lebih aktif, mandiri, dan bermakna.
Kedepannya, Afifah berencana menerapkan materi diklat secara bertahap. Hal ini akan memungkinkan guru untuk mengevaluasi strategi yang paling efektif bagi siswanya. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya kesabaran dan kreativitas guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran sesuai kebutuhan anak-anak.
Dengan semangat yang tinggi dan pemahaman materi yang komprehensif, Afifah Hajir optimis bahwa penerapan strategi deep learning akan memperkaya pengalaman belajar siswa, meningkatkan keterampilan berpikir, serta menciptakan kelas yang lebih hidup dan menyenangkan.