Menjelajahi Dunia Deep Learning di TK Singa: Pengalaman Novianty Monalisa Pelletimu

Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, guru dituntut untuk terus mengembangkan strategi yang membuat siswa aktif, kreatif, dan terlibat dalam proses belajar. Novianty Monalisa Pelletimu, guru di TK Singa, baru memulai perjalanan tersebut melalui Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning.”

Meski baru mengikuti satu materi awal, Novianty menunjukkan antusiasme tinggi untuk mencoba strategi deep learning di kelasnya. Deep learning sendiri menekankan pembelajaran yang mendalam, di mana siswa tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga diajak menghubungkan materi dengan pengalaman nyata dan berpikir kritis.

Sejauh ini, Novianty masih berada pada tahap pengenalan materi, sehingga ia belum sepenuhnya memahami konsep maupun penerapannya. Namun, semangatnya untuk mencoba hal baru dan menerapkan strategi ini pada anak-anak TK menunjukkan kesadaran bahwa proses belajar yang menyenangkan sangat penting sejak usia dini.

Diklat ini diharapkan menjadi landasan bagi guru untuk merancang pembelajaran yang menarik, kreatif, dan sesuai dengan karakteristik anak-anak. Bagi Novianty, pengalaman awal ini membuka peluang untuk lebih mengenal metode pembelajaran mendalam, sehingga nantinya bisa diadaptasi untuk mengoptimalkan potensi anak di TK Singa.

Walaupun saat ini masih banyak hal yang belum diketahui atau dicoba, langkah awal ini menjadi bagian dari perjalanan profesional yang penting bagi seorang guru. Dengan mengikuti diklat ini, Novianty mendapatkan wawasan baru dan inspirasi untuk merancang kegiatan belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

Pengalaman Novianty juga menunjukkan bahwa pembelajaran mendalam bukan hanya untuk jenjang sekolah menengah, tetapi dapat diterapkan bahkan pada anak usia dini. Dengan bimbingan dan strategi yang tepat, guru dapat menanamkan dasar-dasar berpikir kritis, kreativitas, dan pemahaman mendalam sejak TK, yang menjadi modal penting bagi perkembangan akademik dan karakter siswa di masa depan.

Previous Article

Meningkatkan Pembelajaran Menyenangkan di SMK Markus 2 Medan: Pengalaman Wastri Afrina Ompusunggu

Next Article

Menerapkan Pembelajaran Mendalam di SDN Kaliwatubumi: Pengalaman Yuli Puspa Ratri

Write a Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Artikel Kami

Pure inspiration, zero spam ✨